Mengupload file ISO dan Create VM di Proxmox

Assalamualaikum wr.wb

Saya akan berbagi pengalaman praktik saya dan teman-teman  yaitu mengupload file ISO dan Create VM di Proxmox.


A. Pengertian

VM (Virtual Machine) adalah emulasi dari sistem komputer tertentu . Mesin Virtual beroperasi berdasarkan pada arsitektur komputer dan fungsi komputer nyata atau hipotetis dan implementasi mereka mungkin melibatkan khusus hardware , software atau kombinasi keduanya . Sedangkan file ISO adalah file/software yang akan digunkan untuk menginstall sistem operasi yang dikehendaki .
  
B. Latar Belakang 

Hal yang melatar belakangi mengupload file ISO yaitu karena saya bersama teman-teman saya akan melakukan installasi Debian 8 dan sebelum melakukan installasi kita harus membuat Virtual Machine terlebih dahulu .

C. Alat dan Bahan

1. PC / Laptop
2. Jaringan Internet
3. Siapakan  ISO Debian 8   (karena ISO yang akan saya upload ISO Debian 8)
4. Proxmox yang sudah terinstall

D. Maksud dan Tujuan

Maksud dilakukannya upload ISO pada Proxmox adalah agar mempermudah saat installasi sistem operasi yang akan digunakan pada PC yang menggunkan virtualisasi Proxmox . Karena saya akan menginstall Debian 8 , maka saya upload Debian 8 . Dan maksud dibuatnya VM adalah untuk melakukan installasi melalui Proxmox kita harus membuat VM terlebih dahulu , setelah itu kita baru bisa mulai / start .

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Masuk ke Proxmox dengan cara masukkan = https://192.168.16.2:8006 pada web browser . 192.168.16.2 merupakan ip Proxmox pada PC saya .



2. Setelah itu kan muncul tampilan seperti dibawah ini , kita masukkan username dan password


3.  Selanjutnya kita telah masuk ke tampilan seperti ini , kita klik local (proxmox) lalu pilih content .


4. Selanjutnya kita klik menu upload , karena kita akan mengupload


5. Muncul tampilan seperti dibawah ini , kita cari ISO yang akan kita upload . Selanjutnya pilih Upload dan tunggu sampai proses installasi selesai .




6. Selanjutnya kita membuat VM , Create VM > Node : Proxmox > VM ID : isikan sesuai keinginan > Name : isi sesuai keinginan


7. Disini pilih linux 4.x , lalu Next


8. Pilih file ISO yang telah di upload tadi 



9. Selanjutnya isikan ukuran disk yang akan digunakan pada kolom 'Disc Size' .


10. Pada menu ini kita klik next saja , pada bagian menu ini untuk menentukan jumlah core dari processor PC .


11. Disini pilih "Use fixed size memory" untuk menentukan berapa besar memory yang akan digunakan .  Ukuran ini setengah dari ukuran RAM .

12. Selanjutnya pada network kita isikan VLAN Tag dengan VLAN ID kita lalu next


13. Selanjutnya kita cek setting yang telah kita buat , jika sudah benar kita "finish" apabila masih ada yang salah kita pilih "back" .



F. Referensi

Ebook Proxmox Cloud Computing Virtualisasi

G. Hasil dan Kesimpulan

Berawal dari membaca dan memahami , akhirnya saya bersama teman-teman saya bisa mengerti apa itu Proxmox , selanjutnya kita mencoba untuk mempraktikkan dan kita bisa . Dan ternyata untuk menginstall lewat Proxmox , kita harus membuat Virtual Machine terlebih dahulu .

Sekian dari saya , terima kasih . Terima kasih atas perhatiannya .

Wassalamualaikum wr.wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »